Sabtu, 17 November 2012

Saluran Manajemen Pemasaran

Saluran Pemasaran dan Manajemen Rantai Pasokan

A. Saluran Pemasaran (Marketing Channel)
Banyak produsen yang mampu menghasilkan suatu produk sendiri namun tidak banyak dari mereka yang melakukan penjualan langsung ke konsumen akhir, pertimbangan biaya biasanya menjadi faktor atau alasan terkuat mengapa para produsen tidak langsung menjual produknya langsung ke konsumen akhir. Diantara produsen dan konsumen perantara yang menyalurkan produk di antara mereka. Perantara ini sering disebut saluran pemasaran. Saluran pemasaran adalah organisasi yang saling tergantung dan tercakup dalam proses membuat produk dan jasa tersedia untuk dipakai konsumen.

B. Strategi Saluran Pemasaran
Menurut kottler ada 2 strategi yang digunakandalam saluran pemasaran antara lain : strategi dorong (push strategy) dan strategi tarik (pull strategy).
a. Strategi Dorong
Strategi dorong pada dasarnya berusaha membujuk perantara agar mau memasarkan produknya dengan memberikan fasilitas-fasilitas tertentu misalnya : pemotongan yang tinggi dalam pembelian produk. Strategi ini cocok digunakan untuk produk dengan loyalitas rendah strategi ini juga sesuai untuk memasarkan produk baru namun dengan biaya produksi yang terbatas, sehingga mencoba menggunakan saluran pemasaran yang sudah berpengalaman dalam memasarkan berbagai produk.

b. Strategi Tarik
Strategi tarik pada dasarnya yaitu mencakup pengusaha produsen yang menggunakan iklan dan media untuk membujuk para konsumen bertanya kepada perantara dengan demikian akan menarik para perantara untuk melakukan pembelian. Strategi ini cocok digunakan jika loyalitas merek tampak tinggi sehingga konsumen berperan dalam penjualan.

C. Peran Saluran Pemasaran
Pada dasarnya saluran pemasaran perlu digunakan agar supaya suatu perusahaan mempunyai efektifitas dan efisiensi tinggi karena dengan saluran pemasaran dapat menekan biaya-biaya seperti distribusi, penyimpanan, jangkauan pasar dst. Ada beberapa faktor mengapa saluran pemasaran mempunyai keuntungan-keuntungan
a. Banyak perusahaan yang tidak memiliki sumber keuangan yang memadai untuk melakukan pemasaran langsung.

b. Dalam beberapa kasus pemasaran langsung tidak dapat digunakan.

c. Para produsen yang memang mendirikan saluran pemasarannya sendiri  akan lebih mendapatkan laba yang sangat besar.

D. Tingkat Saluran
Dalam saluran pemasaran ada 4 tingkat dalam suatu pemasaran.
Saluran Tingkat Nol yaitu Produsen yang menjual produknya langsung ke konsumen akhir tanpa perantara.
Saluran Tingkat Satu yaitu Produsen yang menjual produknya dengan satu perantara produsen-pengecer-konsumen akhir.
Saluran Tingkat Dua yaitu Produsen yang menjual produknya melalui dua perantara produsen-pedagang besar-pengecer-konsumen akhir.
Saluran Tingkat Tiga yaitu Produsen yang menjual produknya melaui Tiga perantara produsen-pedagang besar-agen-pengecer-konsumen akhir.

E. Strategi Distribusi
Strategi distribusi adalah hal yang perlu dipikirkan secara tetap sesuai dengan tujuan perusahaan mengenahi produknya. Berikut tiga strategi pemasaran yang biasanya digunakan oleh perusahaan dalam melakukan distribusi.
a. Distribusi Eksklusif
Strategi ini dalam prakteknya yaitu dengan membatasi perantara produk agar eksklusifitas produk terjaga dan harga tetap tinggi. Biasanya ada perjanjian ekslusif perantara tidak boleh menjual produk pesaing.

b. Distribusi Selektif
Strategi distribusi ini prakteknya yaitu menggunakan beberapa perantara dalam melakukan distribusinya.

c. Distribusi Intensif
Strategi distribusi ini dalam prakteknya yaitu menggunakan sebanyak mungkin perantara dengan harapan perputaran produk cepat dan cepat sampai ketangan konsumen.

Alasan :
Mengapa membuat tulisan (blog) tentang manajemen pemasarn karena manajemen pemasaran secara pandangan sangat luas, dinamis dan menarik untuk kita angkat ke dalam tema. Selain itu sesuai dengan kesukaan saya yaitu manajemen pemasaran. Diharapkan tulisan ini akan menjadi tulisan yang berguna bagi siapa saja yang melihatnya.

Sumber :
Kottler Phillip.2008.Manajemen Pemasaran Jilid 2 Edisi 12.Indeks





3 komentar:

  1. Ini yang sering nyusahin saya. pengertian saluran pemasaran dan rantai pasok. . mesti ambigu wkwkkw.. . . thnks infornya gan , .paham sekarang gua

    BalasHapus
  2. Ga ad nyinggung margin pemasaran kan bagian saluran pemasaran jg fyuuhh

    BalasHapus
  3. Kelebihan serta kekurangan saluran pemasaran 1 apa min?

    BalasHapus