Pengertian Manajemen
Manajemen adalah Suatu ilmu maupun seni mengkoordinasikan segala aktivitas seperti perencanaan, pengkoordinasian, pengawasan, pengendalian serta kepemimpinan yang dijadikan sebuah acuan untuk mencapai suatu tujuan.
Ada beberapa definisi mengenai manajemen diantaranya :
1. Menurut Prof.Oie Liang Lee
Manajemen adalah ilmu dan seni mengkoordinasikan serta mengawasi tenaga manusia dengan bantuan alat-alat untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan.
2. Menurut Richard L. Daft
Manajemen adalah pencapaian sasaran-sasaran organisasi dengan cara yang efektif dan efiseien melalui perencanaan, organisasian, kepemimpinan dan pengendalian sumber daya organisasi.
3. Menurut James A.F Stoner
Manajemen adalah suatu proses perencanaan, pengoganisasian, kepemimpinan dan pengendalian upaya dari anggota organisasi serta penggunaa semua sumber daya yang ada pada organisasi untuk mencapai tujuan organisasi yang telah ditetapkan sebelumnya.
Pemasaran adalah Suatu proses dan manajerial suatu orang individu ataupun kelompok untuk mendapatkan apa yang mereka butuhkan dan inginkan dengan membuat, menciptakan, memberitahukan serta menginformasikan suatu produk kepada pihak lain atau segala kegiatan yang menyangkut penyampaian produk mulai dari produsen sampai konsumen.
Ada beberapa definisi mengenai pemasaran diantaranya :
1. Menurut WY. Santon
Pemasaran adalah suatu yang meliputi seluruh sistem yang berhubungan dengan tujuan untuk merencanakan dan menetukan harga sampai dengan mempromosikan dan mendistribusikan barang dan jasa yang dapat memuaskan kebutuhan pembeli aktual maupun potensial.
2. Menurut H. Nystrom
Pemasaran merupakan kegiatan penyaluran barang dan jasa dari tangan produsen ke tangan konsumen.
3. Menurut Phillip dan Duncan
Pemasaran yaitu sesuatu yang meliputi semua langkah yang dipakai atau dibutuhkan untuk menempatkan barang atau produk yang bersifat tangible ke tangan konsumen.
Manajemen Pemasaran adalah salah satu kegiatan-kegiatan pokok yang dilakukan oleh perusahaan untuk mempertahankan kelangsungan perusahaannya, untuk berkembang, dan untuk mendapatkan laba. Proses pemasaran itu dimulai jauh sejak sebelum barang-barang diproduksi, dan tidak berakhir dengan penjualan. Kegiatan pemasaran perusahaan harus juga memberikan kepuasan kepada konsumen jika menginginkan usahanya berjalan terus, atau konsumen mempunyai pandangan yang lebih baik terhadap perusahaan (Dharmmesta & Handoko, 1982).
Secara definisi, Manajemen Pemasaran adalah penganalisaan, perencanaan, pelaksanaan, dan pengawasan program-program yang bertujuan menimbulkan pertukaran dengan pasar yang dituju dengan maksud untuk mencapai tujuan perusahaan (Kotler, 1980).
Konsep Pemasaran
Sebagai falsafah bisnis, konsep pemasaran bertujuan memberikan kepuasan terhadap keinginan dan berorientasi kepada kebutuhan konsumen. Hal ini secara asasi berbeda dengan falsafah bisnis terdahulu yang berorientasi pada produk, dan penjualan.
Secara definitif dapatlah dikatakan bahwa: Konsep Pemasaran adalah sebuah falsafah bisnis yang menyatakan bahwa pemuasan kebutuhan konsumen merupakan syarat ekonomi dan sosial bagi kelangsungan hidup perusahaan.
Dalam pemasaran terdapat enam konsep pemasaran dalam suatu organisasi diantaranya : konsep produksi, konsep produk, konsep penjualan, konsep pemasaran, konsep pemasaran sosial dan konsep pemasaran global.
1. Konsep Produksi
Konsep produksi berpendapat bahwa konsumen menyukai produk yang tersedia dimana saja dengan harga yang murah. Jadi konsep ini berorientasi pada produksi dengan tingkat produksi seefektif dan efisien mungkin ditunjang dengan produksi barang sebanyak mungkin dengan distribusi luas karena konsumen dianggap akan menerima produk tersebut.
2. Konsep Produk
Konsep produk menyatakan bahwa konsumn akan menyukai produk yang mutu dan ciri-ciri terbaik. Jadi konsep ini akan membuat produk yang berkualitas karena konsumen dianggap menyukai produk yang berkualitas tinggi.
3. Konsep Penjualan
Konsep penjualan konsumen akan tertarik asalkan dengan promosi yang agresif. Konsep ini berorientasi pada pemikiran bagaimana cara menjual suatu produk yang telah dibuat oleh produsen.
4. Konsep Pemasaran
Konsep pemasaran menyatakan bahwa untuk menawarkan suatu produk kita harus mengetahui keinginan dan kebutuhan pasar.
5. Konsep Pemasaran Sosial
Konsep pemasaran sosial berendapat bahwa tugas organisasi adalah menetukan kebutuhan, kenginginan dan kepentingan pasar sasaran serta memberikan kepuasan yang diharapkan dengan cara yang lebih efektif dan efisien.
6. Konsep Pemasaran Global
Konsep pemasaran global ini manajer eksekutif berusaha memahami semua faktor-faktor lingkungan yang mempengaruhi pemasaran melaui manajemen strategis yang mantap.
Sumber :
http://blogbintang.com/pengertian_manajemen
http://id.wikipedia.org/wiki/Manajemen pemasaran
http://cimi.wordpress.com/2007/07/31/arti-definisi-pengertian-pemasaran-menurut-para-ahli/
Kottler Phillip.2007.Manajemen Pemasaran Jilid 1 Edisi 12.Indeks
Tidak ada komentar:
Posting Komentar