Jumat, 16 November 2012

Bauran Pemasaran

Bauran Pemasaran (Marketing Mix)

Dalam komunikasi pemasaran diperlukan suatu pendekatan yang mudah dan fleksibel yang terdapat dalam bauran pemasaran (marketing mix). Bauran pemasaran adalah strategi produk, promosi dan penentuan harga yang bersifat unik serta dirancang untuk menghasilkan pertukaran yang saling menguntungkan dengan pasar yang dituju. Namun kini hal tersebut semakin berkembang tidak hanya product, price, place, dan promotion saja, tetapi juga people, process dan physical evidence. Pada dasarnya bauran pemasaran merupakan bagian dari unsur penting untuk suksesnya suatu pemasaran yang akan dijelaskan sebagai
berikut :

1. Product (the service)
Produk jasa merupakan produk yang dapat memberikan manfaat, memenuhi kebutuhan konsumen, dan dapat memuaskan konsumen. Sesungguhnya pelanggan tidak membeli suatu barang tau jasa tetapi membeli manfaat yang ditawarkan. Pengertian yang ditawarkan menunjukan sejumlah manfaat yang didapat oleh konsumen, baik barang ataupun jasa maupun kombin.

2. Price
Pentapan harga merupakan bagian yang penting. Perusahaan akan melakukan hal ini dengan penuh pertimbangan-pertimbangan karena penetapan harga akan dapat mempengaruhi pendapatan total dan biaya. Harga merupakan faktor utama penentuan suatu posisi dan harus diputuskan sesuai dengan pasar sasaran bauran ragam produk dan pelayanan serta persaingan.

3. Place
Tempat atau lokasi yang strategis akan menjadi salah satu keuntungan bagi perusahaan karena mudah terjangkau oleh konsumen, namun sekaligus menjadi biaya rental atau investasi tempat menjadi semakin mahal. Tingginya biaya lokasi tersebut dapat terkompensasi dengan pengurangan biaya pemasaran sebaliknya jika lokasi kurang strategis akan membutuhkan biaya pemasaran yang lebih mahal untuk menarik konsumen agar berkunjung. Dekorasi dan desaign sering menjadi daya tarik tersendiri bagi para konsumen. Kondisi bangunan juga memberikan persyaratan untuk kenyamanan.

4. Promotion
Promosi merupakan suatu aktivitas dan materi yang dalam aplikasinya menggunakan teknik dibawah pengendalian produsen atau penjual, yang dapat menginformsikan informasi persuasif yang menarik tentang produk yang ditawarkan oleh produsen atau penjual, baik secara langsung ataupun melalui pihak yang dapat mempengaruhi pembelian. Tujuan kegiatan promosi antara lain :
a. Mengidentifikasi dan menarik konsumen baru
b. Mengkomunikasikan produk baru
c. Meningkatkan jumlah konsumen untuk produk yang sudah dikenal
d. Menginformasikan kepada konsumen tentang peningkatan kualitas produk
e. Mengajak konsumen untuk mendatangi tempat penjualan produk
f. Memotivasi konsumen agar membeli suatu produk

5. People
Merupakan aset utama dalam bisnis jasa terlebih people yang berhubungan dengan karyawan yang berperformance tinggi. Kebutuhan konsumen akan karyawan yang berkinerja tinggi akan membuat konsumen puas dan loyal. Kemampuan pengetahuan yang baik akan menjadi kompetensi dasar dalam internal perusahaan. Faktor penting lainnya dalam people yaitu motivasi dan sikap dari karyawan dalam industri jasa. Moment of truth akan terjadi saat kontak anatara karyawan dan konsumen sikap sangat penting dapat diaplikasikan dalam berbgai bentuk seperti : penampilan, suara saat berbicara, ekspresi wajah dan tutur kata. Sedangkan motivasi karyawan dibutuhkan ntuk mewujudkan penyampaian pesan dan jasa yang ditawarkan.

6. Process
Mutu layanan jasa yang sangat tergantung kepada proses penyampaian jasa kepada konsumen. Mengingat bahwa penggerak adalah karyawan dalam perusahaan jasa oleh sebab itu dalam kegiatannya harus sesuai dengan struktur dan prosedur yang telah terstandarisasi.

7. Physical Evidence
Merupakan bagian dari bukti fisik karakteristik yang menjadi persyaratan yang bernilai tambah bagi konsumen dalam perusahaan jasa ataupun bukan yang memiliki karakter. Perhatian terhadap interior, perlengkapan bangunan, termasuk lighting system dan tata ruang yang lapang menjadi perhatian penting dan dapat mempengaruhi mood pengunjung.

Sumber :
fekon.upb.ac.id



























Tidak ada komentar:

Posting Komentar